Pertanyaan Kejayaan

Besok, Indonesia resmi berumur 70 tahun. Gue masih bingung, udah 70 tahun merdeka kok masih belom berasa bebas? Negaranya aja yang merdeka, rakyatnya kagak! Btw, tenang, gue bijak-bijak gini bukan karena mau ikut lomba blog, kok.
Indonesia. Budayanya banyak, sukunya banyak, pakaiannya banyak, makanannya banyak, bahasanya banyak, masalahnya lebih banyak lagi. Diskriminasi, membeda-bedakan, rasisme, korupsi, pelanggaran hak cipta, dan lain-lain. Terus mau gimana? Lu cuma mau ekspos di seluruh sosial media lu dan bilang kalo Indonesia udah umur 70? Buat apa merdeka bertahun-tahun kalo masalah yang sama terulang terus. Dikasih solusi juga sia-sia, gak lama pasti terulang.

Contohnya, dikasih presiden bagus buat ngurangin masalah, malah rakyatnya yang nambahin masalah. Pengen jalanan gak macet, tapi motong jalan terus. Minta dihormati, tapi ngeledek terus. Pengen dapet pelayanan kesehatan, pendidikan, dll dengan gratis, tapi gak mau ngantri. Lah terus maunya apa?

Kalo kita menghina suku lain, apa untungnya? Emang kita merdeka cuma gara-gara suku kita? Enggak! Semuanya saling membangun. 70 tahun kemerdekaan Indonesia seakan sia-sia cuma gara-gara rakyat sombong yang ngerendahin orang lain! Nyanyiannya sih "Garuda Pancasila, akulah pendukungmu", tapi isi Pancasila aja cuma buat hafalan upacara. Sila pertama kita awalnya bukan "Ketuhanan yang Maha Esa", tujuan diganti itu supaya kita memilih kepercayaan kita sendiri, gak usah saling maksa-memaksa. Nyanyiannya sih "Tempat berlindung di hari tua, sampai akhir menutup mata", emang ada yang mau berlindung di lingkungan yang dikelilingi peperangan?

Gak usah sombong, semuanya punya kelebihan masing-masing, supaya bisa saling mendukung, makanya kita dipertemukan di Indonesia, negara yang punya 5 pulau utama dan banyak pulau-pulau kecilnya. Merdeka itu kebutuhan, bersatu itu pilihan, tapi untuk merdeka, harus bersatu!

Jevon Levin

13 Celotehan

  1. Masih begitu banyak rakyat Indonesia yang belum merdeka secara batin sebenarnya. Masih begitu banyak rakyat yang dijajah oleh teknologi.Semoga diusia yang ke 70 tahun ini, Indonesia bisa segera merdeka. Baik merdeka secara financial, maupun merdeka secara batin :)

    ReplyDelete
  2. Pemikiran kita hampir sama, Bung!
    Gw menulis tentang betapa rindunya melihat Indonesia yang bebas dari diskriminasi, korupsi, dan saling benci. Kalau ada waktu, silakan disimak: http://www.danangjo.co/?p=147

    ReplyDelete
  3. walaupun negeri kita sudah berstatus merdeka, akan percuma ketika hati dan jiwa kita tidak merdeka..

    ReplyDelete
  4. Gue setuju, untuk merdeka harus satu!

    ReplyDelete
  5. intinya mungkin harus "kerja sama" antara rakyat dan pemerintah

    ReplyDelete
  6. Artikel yang menarik,

    kunjungi balik blog kami

    ya :)

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    ReplyDelete