LDK

Siapa yang gak tau kepanjangannya? Long Distance Kelationship. Oke, bukan itu. Latihan Dasar Kepemimpinan. Di awal tahun 2015, gue ikut ini. Dan minggu lalu, 21 Oktober, gue ikut lagi. Yang ada dipikiran gue adalah, "Paling sama aja kayak tahun lalu, bedanya ini gak naik tronton dan tidur di tenda". Karena dikasih tau kalau di tendanya itu ada "ranjang"-nya, jadi gue santai aja.
Semuanya berjalan lancar, mulai dari naik bis sampe mulai acara disana. Lalu, ada pembagian tenda. Tenda gue isinya lumayan seru-seru. Pas gue masuk ke tendanya... yang dimaksud ranjang itu.. adalah.... ticker. Kampret. Tanah disana itu bukan sekedar tanah berumput biasa, tapi berbatuan. Gue udah mulai ngebayangin bakal tidur sambil refleksi. Fix, gak bakal bisa tidur.

Mulai masuk sesi. Malam mulai datang. Lalu tiba-tiba sekelompok prajurit datang. Nyamuk. Nyamuk menghampiri seluruh kepala kami. Teplak! Teplok! Boom. Seperti biasa, malam harinya pasti dapet hukuman. Cuma kali ini gak pake push-up. Kita cuma disuruh gak tidur sampe jam setengah sebelas malam karena piring. Piring kotor yang tidak dikembalikkan ke tempatnya. Kita dijulukki "Angkatan Piring" :)). Akhirnya kita dikasih tidur. Semuanya gosok gigi, semuanya masuk tenda, dan mulai merem. Gak sampe setengah jam kemudian kita diteror dengan yang lebih buruk. Nyamuk level 2! Kali ini dia lebih sadis. Dia menghantui kuping kita. Ngiung. Nguing. Ngeong. Boom. Gue beneran nampar diri sendiri. Lalu kita naek level, sekarang ada Nyamuk level 3! Dia nyerangnya dengan trik "kesempatan dalam kesempitan". Kita tutup seluruh tubuh. Dan ketika ada lobang sekecil apapun muncul, dia langsung gigit sebanyak mungkin. Bentolnya muncul. Untungnya dia gak naek level lagi, cuma nambah banyak. Kita gak ada yang bisa tidur.

Kita seluruh tenda dapet ide. Seseorang bawa baygon. Kita keluar tenda, tunggu didepan. Kita semprot tendanya pake baygon terus kita tutup rapet-rapet. Kita tunggu 15 menit. Terus kita masuk buru-buru dan langsung menutup tendanya lagi. Saat itu jam tangan gue menunjukkan pukul 4 pagi. Kita tidur semua. Harusnya kita disuruh ngumpul jam 5.30, tapi 4 dari 6 orang di tenda gue (termasuk gue) telat bangun. Kemana 2nya lagi? Mereka bilang kalo kita gak bisa dibangunin. Kita semua dapet 1 peringatan.

Hari kedua itu gue jalanin dengan lancar. Ada gamesnya juga dan gamesnya pun anti-mainstream plus ekstrim. Malam pun tiba dan gue tidur dengan trik seperti kemarinnya. Paginya gue gak bangun telat lagi. Lalu gue pulang dan mendapat sebuah kesimpulan. Jadi, LDK kali ini itu tempatnya gak enak pemimpin itu harus bisa beradaptasi dalam segala macam kondisi. Anyway, ini salah satu foto kita yang gue post di instagram.
by Jevon Levin (@jevonlevin)

Sekian postingan gue kali ini, dan kalo kalian pernah LDK dan punya pengalaman unik boleh dishare di kolom komentar ya! Inget,
Pemimpin itu harus bisa beradaptasi dalam segala macam kondisi.
#QuoteByJevon 

Baca juga: Jevon Jadi Leader

Jevon Levin

17 Celotehan

  1. LDK atau jaman gw dulu namanya LDKS lamanya 2 minggu dong. Hahaha. 1 minggu dilakukan setelah sekolah 1/2 hari, dan 1 minggu lagi penuh dari pagi sampai sore.
    Kegiatannya penuh dengan pelajaran dan "pelajaran" tentunya.

    ReplyDelete
  2. Bagi gue sih, selain harus bisa beradptasi dalam berbagai kondisi, pemimpin juga harus mampu mengambil keputusan di saat-saat genting. :)
    Btw, gue sih pernah ikut pembentukan karakter gitu. Lumayan "keras" sih, hahaha..
    muhammadirsyadd.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. LDK. Hmm.. Kalo menurut gue, yang paling seru sih pas jerit malam. Adrenalin ditantang banget jam dua pagi keliling area persawahan.

    ReplyDelete
  4. Gue udah turun dari osis, udah gak main ldk lagi tentunya.

    ReplyDelete
  5. Wah LDK! Jadi kangen diguyur... *eh :v

    ReplyDelete
  6. LDK emang seru, gue juga pernah ngerasain.. Tidur jam 1 bangun jam 4, badan abis pegel-pegel. Tapi, kita dituntut untuk melatih kebersamaan kami. Itulah serunya~

    ReplyDelete
  7. Hormat Grak,

    padahal bagus loh tiduran di bebatuan, jalan aja bisa nyembuhin rematik apalagi kalo tiduran.

    Lanjut terus pak pemimpin ;)

    ReplyDelete
  8. Gue dulu juga pernah latihan model-model gini. Dilatih langsung di bawah nama "TNI Angkatan Laut" dalam sebuah acara Masa Orientasi Siswa. Iya, gue dulu di mos dua kali. Yang pertama sama senior dan yang kedua sama TNI AL langsung!

    ReplyDelete
  9. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

    ReplyDelete