Duit

Kalo kata Om Keren Banget Banyak Ilmu (KBBI), uang itu artinya alat tukar atau standar pengukur nilai yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu. Terus, kenapa duit itu jadi benda paling dicari? "Ya buat kebutuhan sehari-hari lah." Emang lu makan duit? Tidur di duit? Belajar dari duit? Ngga, kan? Kita ini butuhnya makanan buat dimakan, tempat tinggal buat tidur, dan sekolah buat belajar.
Duit itu kayak jodoh, susah dicari. Tapi duit juga kayak mantan, rese. Duit itu kayak kenangan, susah ditinggalin, tapi berlalu gitu aja. Duit itu sukanya ngumpet, gak berasa pake, tau-tau ilang.

Duit itu dicari semua orang, apalagi koruptor. Koruptor nyolong duit, ketahuan, dipenjara, keluar gegara duit. Sebenernya agak bikin pusing sih. Gak punya duit, nyuri, dipenjara. Katanya kalo punya duit itu bisa keluar penjara dan emang udah banyak yang begitu. Gak perlu panik dipenjara, suap, keluar penjara, nyolong lagi, ketangkep lagi, dipenjara lagi, gak usah panik, suap, sampe taon jebot juga gak bakal tobat.

Duit itu dicari semua orang, termasuk orang kaya. Kenapa udah kaya masih cari duit? "Buat jaga-jaga kalo ketangkep korup biar tinggal sogok." Bukan, bukan gitu, walaupun emang bener. Orang miskin ngeliat barang mahal, nabung, beli (walaupun gak sesingkat itu). Orang kaya punya target barang mahal yang beda lagi, nabung lagi, beli. Seakan-akan duit itu kayak air dan kita itu selalu haus.

Duit itu dicari semua orang. Buat apa? Buat beli itu. Emang butuh? Gak juga sih.
Buat apa? Buat ditabung aja. Mau dipake buat apa? Gak tau, mau ngumpulin aja.
Buat apa? Buat makan itu. Kenapa gak makan ini, kan beda nama doang? Yang ini namanya lebih keren.

Itulah hidup. Semuanya berujung pada duit. Kerja buat duit. Duit buat bayar pendidikan buat kerja supaya dapet duit. Duit untuk duit. Buat apa sang beatboxer yang lagi hitz itu ngejual pemberian fansnya di Kaskus? Buat dapet duit, bro. Buat apa artis itu cari sensasi terus? Karena dia mau diundang ke talkshow-talkshow biar dapet duit.

Sebenernya post ini buat apa sih? Cuma mau nanya, situ hidup untuk makan, apa makan untuk hidup? Tuh, sampe di bold, italic, sama underline segala.

Sekian dari gue yang udah lama hilang dari blog ini. Makasih udah mau baca, abis baca jangan kemana-mana dulu, jangan lupa buat tinggalin komentar dibawah tentang apa aja dan jangan lupa buat jawab pertanyaan gue tadi. Dah!

Jevon Levin

31 Celotehan

  1. Waaah ngebahas 'Duit' dari sudut pandang yang lain, Berat juga pembahasannya neeh...

    ReplyDelete
  2. Tapi ada satu hal yang nggak bisa dibeli pake duit, cinta. cielah xD

    ReplyDelete
  3. Pasti ada tujuan dari semuanya. Kalo yang suka nabung, bukan kepingin aja. Bisa jadi kan dia mau naik haji atau mau buka usaha nantinya.

    Namanya juga hidup, saat hutan udah semakin hilang, duit yang dibutuhkan untuk membeli oksigen. Keknya komen gue gak nyambung -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sampe oksigen aja perlu dibeli, mungkin nanti gak ada lagi cewek mandang harta cowo. Tapi mandang tingkat oksigen cowo haha :))

      Delete
  4. Bahagia gak bisa dibeli pake duit lho hahaha ..

    Hidup untuk makan apa makan untuk hidup yaaaa..

    Makan untuk hidup sajalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kadang duit bisa membahagiakan *eh :D

      Delete
  5. Ya mau gimana lagi, gue kalo gak ada duit gak makan, cewe kalo gak ada duit gak jalan, ban mobil tiba2 aja kempes.

    Ngejual barang dari fans, buat dapet duit.. Ahaha nyindir mulu.

    ReplyDelete
  6. Kenangan tentang masa lalu bersama mantan gak bisa dibeli pake duit, Jev. Eh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenangan mah gak usah dibeli bisa dateng sendiri.. Rese kan :(

      Delete
  7. kalo kata Meri Riana gini jev.. "Uang bukanlah sumber dari kebahagiaan, tapi uang dapat meningkatkan kualitas dari kebahagiaan itu sendiri"..
    so, pergunakan uang secara bijak..;)

    ReplyDelete
  8. aku suka duit. mau memandang dari sudut mana..... duitttt duiiitttt duitttt lagi lagi duitttt....

    ReplyDelete
  9. Kalo udah sampe tingkatan mempertuhankan uang itu yang bahaya. Begitu, sih, kata guru PLKJ dulu di SMP. Ya, abisnya apa aja keperluan harus dibeli. Nggak bisa tinggal metik. :((

    ReplyDelete
  10. Mengapa segala-galanya duit ? karena Manusia kalau dijajah setan, mereka menuhakan duit. Miris ya :')

    www.dianchristi.com

    ReplyDelete
  11. Hahaahanyiiing :D suka gue sama cara pikir lo :D

    Menyindir si beatbox itu lagi :D aku kok agak gak respect sama dia ya:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu gue respect sama dia. Tapi karna dia gak bisa ngerespect yagitu deh nasib kehilangan ribuan followers :))

      Delete
  12. Hidup ga selalu duit yang terpenting. Sebenernya yang terpenting adalah...

    ...oksigen. Bener kan? Kalo ga ada oksigen gimana jadinya dunia ini? :v

    ReplyDelete
  13. Om Keren Banget Banyak Ilmu (KBBI)?
    boleh, boleh...

    ReplyDelete
  14. mengutip kata dari orang.
    duit tidak dibawa mati. tapi kalo ga ada duit, perasaan nya mau mati. :D
    btw tampilan blogmu keren bro.
    kunjungi kembali ptbanyakcerita.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  15. bener sob duit memang kaya mantan, bikin ribet dan susah untuk di lupakan :D

    ReplyDelete